Konsep Konvergensi pada New Media

Malam ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Konsep New Media, karea di postigan sebelumnya saya telah membahas perngertian dari new media, untu kali ini saya akan menambahkan tentag, Konsep Konvergensi New Media

A. Konsep Konvergensi
Langsung aja, apa itu konsep konvegensi???

Konvergensi merupakan integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama. 

- Broad Band -
 Merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Menurut saya, Broadband merupakan hasil dari konvergensi teknologi jaman sekarang, yang merupakan pergabungan dari teknologi komunikasi seperti telepon, dan jaringan lainnya. Yang dimana untuk tujuan atau kepentingan yang beragam antara lain: pemerintah, penyelengaraan telekomunikasi dan masih banyak lagi. Teknologi broadband meliputi pengembangan teknologi exiting, insfaktur baru, maupun wireless. 

- VPN -
Adalah singkatan dari virtual private network, yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi, dengan enkripsi Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalamremote-site. VPN adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat privat mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karena bersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan keamanan data.

- Pemanfaatan IT dan Kovergensi - 
Teknologi Informasi serta telekomunikasi saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satu teknologi informasi dan telekomunikasi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah internet dan handphone. Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh, saat ini sudah mempunyai multi fungsi. Kita sudah dapat membuka email dan melakukan browsing melalui handphone yang kita miliki.

- Media Konvergensi- 
Penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembanganteknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital.




B.Konsep Jejaring Sosial
Selain konsep konvergensi ada juga konsep jejaring sosial, apa itu konsep jejaring sosial??

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

- Sejarah Jejaring Sosial -
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

- Layanan Jejaring Sosial -
Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.

- Situs Jejaring Sosial -
Merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna. Sekarang ini sudah banyak sekali situs jejaring sosial bermunculan. Sebagai contoh umumnya saja seperti : Facebook,Myspace,Twitter, dan lain-lain.

- Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial - 
Adanya layanan jejaring sosial memang memberikan dampak positif bagi kita sebagai pemakainya seperti memperluas jaringan pertemanan serta dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Namun selain dampak positif adapula dampak negatif dengan adanya jejaring sosial seperti semakin kurangnya komunikasi dengan lingkungan sekitar pada dunia nyata, mengakibatkan pembentukan pribadi yang kurang berempati serta lebih mementingkan diri sendiri.

C.Konsep Podcasting 
Merupakan layanan gratis yang memungkinan pengguna Internet mengambil file audio, khususnya MP3, dari Internet untuk didengarkan di komputer atau MP3 player mereka. Layanan ini bermula dari gencarnya pemasaran MP3 player iPod dari Apple. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi pemutar file audio di komputer dan personal audio player lainnya, kini penggunaan podcast tidak terbatas pada pengguna iPod saja.

- Manfaat Penggunaan Podcasting -
Podcast menyediakan layanan seperti pada personal video recorder. Dimana untuk mendengarkan file-file audio dari podcast, Anda tidak perlu stay tuned pada satu saluran broadcast di Internet. Cukup dengan mendaftarkan diri pada sebuah website podcast, file-file audio akan ter-download secara otomatis pada komputer Anda melalui jasa RSS feed. Manfaat lain dari podcast seperti meningkatkan visibilitas situs kita, menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif, menyediakan retensi memori yang lebih baik, dan masih banyak lagi.

- Cara Kerja Podcasting -
Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Kita dapat merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan khotbah, kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu website podcast yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik dengan konten buatan kita untuk men-download dan mendengarnya di komputer atau MP3 player mereka.
Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Kita dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut kita dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. kita dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam MP3 player.


D. Konsep RSS 
 Merupakan suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. 
Layanan RSS disalurkan melalui sebuah file berformat XML yang dapat dibaca oleh publik dengan menggunakan program pembaca RSS yang disebut dengan news aggregator atau feed reader. Beragam program ini dapat di-download secara gratis dari Internet. Program yang diinstal pada PC secara otomatis akan memeriksa file XML yang disediakan situs tertentu secara berkala. RSS biasanya mengarah ke beberapa singkatan seperti Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0), Really Simple Syndication (RSS 2.0).

- Sejarah RSS -
  • Pada tahun 1997: David Winer dariUserLand membuat sebuah format yang menjadi cikal bakal RSS, format tersebut diberi nama scriptingNews.
  • Dan Libby dari Netscape membuat versi pertama RSS yang dikembangkan dari scriptingNews milik David Winer.
  • RSS pertama ini dikenal sebagai RSS versi 0.90,pada versi awal ini kata RSS merupakan akronim dari RDF (ResourceDescription Framework ) Site Summary Format RDF mirip dengan XML.
  • Pada tahun 2002 David Winer membuat RSS versi 2.0. David Winer memutuskan kali ini RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. RSS versi 2.0 ini menawarkan fitur fitur baru diantaranya : fasilitas untuk menampilkan tanggal publikasi (sangat penting untuk sebuah blog) fasilitas GUID (Global Unique Identifier). Mensupport  XML namespaces.
 
- Manfaat RSS -
    RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.  

    - RSS Feed dan RSS Reader -
    RSS Feed merupakan Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. 
    Sedangkan RSS Reader adalah sebuah program untuk membaca RSS dan Atom feed berita. RSS Reader mengumpulkan berita di latar belakang pada interval dikonfigurasi pengguna dan memperingatkan dengan pop-up kecil di tray sistem yang ada pesan baru tiba.


    E. IPTV 
    IPTV adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas programtelevisi, video (gambar bergerak), audio (suara), tulisan (text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP.
    IPTV bukan sekedar siaran TV yang disalurkan melalui internet dan dapat diakses oleh siapa saja, tanpa adanya jaminan-jaminan dari penyelenggara.
    Penyelenggara IPTV menjamin pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security), kemampuan berinteraktif dan keandalan darilayanan yang disalurkan oleh penyelenggara IPTV sampai layanan tersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan.
    Dalam layanan IPTV, semua aktivitas layanan baik video ataupun “interaktif melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan dengan suatu “jaringan tetap broadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati oleh pelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan IP-STB.
    -Sejarah IPTV -
    Berikut merupakan sejarah singkat IPTV :
    1994 - ABC World news memancarkan  siaran televisi pertama melalui internet.
    1998 - Operator Radio via Internet, AudiNet memulai webcast secara langsung menggunakan IP.
    2005 - Infrastruktur jaringan pita lebar semakin meluas sehingga mampu menjangkau 200 juta perumahan.
    2010 - Mampu menjangkau 400 juta perumahan.

    - IPTV vs Internet -
    Berikut merupakan tabel perbandingan antara IPTV dan Internet :

    IPTV
    Internet
    Closed system, kualitas layanan terjamin (managed QoS)
    Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
    Video konten dikirim hanya kepada pelanggan (known subscriber) , pengiriman melalui IP packets sampai dengan pelanggan (end customer).
    Video konten dikirim kepada siapapun , pengiriman melalui IP packets sampai internet cloud sendiri.
    Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
    Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak
    Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas
    Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.

    - Fitur IPTV -
    IPTV memiliki berbagai macam fitur di dalamnya. berikut merupakan beberapa fitur pada IPTV :
    • NPVR (Network Personal Video Recorded)
    • LPVR (Local Personal Video Recorded)
    • TVOD (TV on Demand)
    • PVOD (package VoD)
    • SVOD (subscription VoD)
    • Bookmark Sharing
    • Instant Messaging
    Referensi-referensi :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Jalur_lebar
    http://gerakanopensource.wordpress.com/2011/08/22/pengertian-vpn/
    http://id.wikipedia.org/wiki/Konvergensi_media

    1 comments:

    yudhaardiansyah said...

    Hei kawan, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    Post a Comment

     

    Istana Teknologi Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger