Pengenalan MS DOS

Ayo kita belajar sistem operasi lagi teman. kali ini yang akan kita bahas adalah sistem operasi yang di gunakan oleh komputer - komputer jadul, atau dengan kata lain operasi sistem yang pertama di gunakan di komputer. Apa itu???  iya MS DOS dong. apa itu ms dos??? langsung aja kita bahas yukk.

                                            

Pengertian MS DOS
Apa itu ms dos??
MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream. 

Sejarah MMS DOS 
MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer bernama seatle computer produk (SCP) yang dikepalai oleh Tim paterson--yang belakangan direkrut oleh micosoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Versi MS DOS
Ada beberapa versi ms dos yang pernah di buat oleh microsoft. antara lain ms dos versi 1.xx, ms dos 2.xx dll. untuk lebih jelasnya masuk kesini.
 

0 Comment "Pengenalan MS DOS"

Post a Comment