Pengenalan struktur data

Hai semua...  Sekarang kita belajar tentang struktur data yukk, ini di sebabkan karena besuk ada matkul struktur data, dan biar matkulnya lancar sekarang kita bahas apa sih struktur data itu????



Pengertian Struktur Data

Apa itu struktur data???
Struktur data adalah cara menyimpan atau mempresentasikan data di dalam komputer agar dapat di pakai secara efisien. atau..

Struktur data adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya.
Sedangkan Data sendiri adalah Presentasi dari fakta dunia nyata.
Lalu Fakta adalah keterangan tentang kenyataan yang di simpan, di rekam atau dipresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol. 

Secara garis besar tipe data dapat di kategorikan menjadi:
menjadi :
1. Type data sederhana
      a. Type data sederhana tunggal, misalnya
          Integer, real, boolean dan karakter
      b. Type data sederhana majemuk, misalnya
          String
2. Struktur Data, meliputi
      a. Struktur data sederhana, misalnya array dan
          record .
      b. Struktur data majemuk yang terdiri dari, 
          Linier : Stack, queue, list serta multilist.
          Non linier : Pohon Biner dan graph. 

Macam - macam tipe data:
 
Tipe data Integer (int)
Jenis tipe data integer digunakan jika ingin menyimpan informasi angka (bilangan bulat) dalam variabel, tetapi bukan bilangan pecahan. Hal ini berarti nilai "7" akan menjadi nilai integer yang valid.

Tipe data real

Data numerik yang bukan termasuk integer, digolongkan dalam jenis data real.   Ditulis menggunakan titik desimal (atau koma desimal).  Dimasukkan ke dalam memori komputer memakai sistem floating point,  disebut Scientific Notation. 
Penyajiannya terdiri dari : mantissa (pecahan) dan eksponen.


Tipe data bolean
 Disebut juga jenis data logical.  Anggota { true atau false}.
A.  Operator Logika, yaitu : AND, OR, NOT
·   Operator AND akan menghasilkan nilai true, jika kedua operand bernilai true.
·   Operator OR akan menghasilkan nilai true, jika salah satu operand bernilai true
·   Operator NOT merupakan “precedence” dari operator AND dan OR.

Dalam suatu ekspresi yang tidak menggunakan tanda kurung, operator NOT harus dievaluasi sebelum operator AND dan OR.

B. Operator Relasional, yaitu : >, <, >=, <=, <> dan =
     Contoh : 6  < 8 = True
                   9  < 8 = False

Tipe data karakter 
Elemen dari suatu himpunan yang terdiri atas bilangan, abjad dan simbol khusus.
(0,1,...,8,9, A, B, ..., Y,Z, +, -,*,Ö, ...}

Tipe data string
Barisan hingga karakter yang dibentuk oleh suatu kumpulan dari karakter.
Karakter yang digunakan untuk membentuk suatu string disebut alfabet. Dalam penulisannya, suatu string berada dalam tanda “aphosthrope”.

Tipe data Floating Point Number (float)
Jika Anda bermaksud menyimpan informasi angka dengan format pecahan atau angka desimal, floating point adalah jenis tipe data yang sesuai. Angka "65,00" secara teknis merupakan nilai bertipe floating point meskipun nilai tersebut juga dapat direpresentasikan sebagai nilai "65". Jenis tipe data ini membutuhkan ukuran memory yang lebih besar dibandingkan jenis tipe data angka integer.

Tipe data Array
Jenis tipe data aray sering disebut juga sebagai tipe data larik. Tipe data ini pada dasarnya merupakan kumpulan sejumlah variabel bertipe data sama dengan ukuran tertentu, yang tersusun secara runtun. Ada beragam variasi dari tipe data array, bergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan. Sebagai contoh, nilai "1", "2", "3", "4", dan "5" dapat Anda simpan ke dalam variabel bertipe data array dengan ukuran aray "5" (5 buah nilai, mulai dari 1 sampai dengan 5) yang memiliki kumpulan nilai bertipe integer atau secar sederhana dapat dikatakan array of integer values.
Setiap variabel yang terdapat dalam array dapat diakses dengan menggunakan komponen indeks dari tiap-tiap variabel trseut. Namun, perlu Anda ketahui bahwa variabel pertama yang ada dalam array bukan memiliki indeks 1, melainkan indeks 0. Menyimpan nilai-nilai tersebut ke dalam variabel bertipe data array akan memudahkan kit untuk melakukan manipulasi terhadap setiap data yang ada dalam array tersebut. perlu diketahui bahwa jenis tipe data string sebenarnya merupakan kumpulan variabel bertipe karakter atau bisa dikatakan array of characters.

0 Comment "Pengenalan struktur data"

Post a Comment